Cara Mengatur Aplikasi di Android Agar Lebih Produktif

Memiliki ponsel Android memang menyenangkan. Ada aplikasi untuk membantu Anda dalam segala hal dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari menangani keuangan, meningkatkan produktivitas, dan bahkan mengendalikan rumah pintar Anda.

Sayangnya, dengan semua fitur tersebut muncul banyak aplikasi, dan banyak ikon yang Anda gunakan untuk meluncurkannya. Jika Anda tidak melakukan apa pun untuk mengatur aplikasi di Android Anda, Anda akan berakhir dengan kekacauan total. Dan saat aplikasi Anda berantakan, Anda perlu waktu lebih lama untuk menemukan dan menggunakannya.

Daftar isi
  • Mulai Dengan Menghapus Semua Aplikasi yang Tidak Digunakan
  • Bersihkan Layar Beranda Anda
  • Atur Laci Aplikasi Anda Secara Otomatis
  • Atur Aplikasi Ke Dalam Folder
  • Bangun Kembali Layar Beranda Anda
  • Tambahkan Widget ke Layar Beranda Anda
  • Tambahkan Folder Aplikasi ke Layar Utama

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara mengatur aplikasi di Android sehingga Anda bisa lebih efisien dengan semua yang Anda gunakan untuk Android, untuk informasi lebih lengkapnya di Detribpas,

Mulai Dengan Menghapus Semua Aplikasi yang Tidak Digunakan

Sebelum Anda mulai mengatur aplikasi di Android Anda, Anda benar-benar perlu mendeklarasikan laci aplikasi. Cukup geser ke atas dari layar beranda dan mulai geser ke kanan. Tinjau aplikasi yang tercantum di setiap halaman dan putuskan apakah Anda benar-benar pernah menggunakan aplikasi itu.

Saat Anda menyadari bahwa Anda benar-benar tidak memerlukan aplikasi, tekan lama ikonnya lalu ketuk Copot pemasangan dari menu pop-up.

Lanjutkan ini dengan setiap aplikasi yang tidak digunakan, di setiap halaman laci aplikasi. Setelah selesai, Anda tidak hanya akan mengurangi kekacauan, tetapi juga dapat menyingkirkan aplikasi yang mungkin menghabiskan sumber daya dan daya baterai ponsel Anda. Ini adalah win-win!

Bersihkan Layar Beranda Anda

Untuk mendesain ulang pengalaman Android Anda yang lebih efisien, Anda harus memulai dari awal. Buka layar Beranda Anda dan tekan lama ikon aplikasi apa pun. Ketuk Pilih dari menu pop-up.

Anda akan melihat tanda centang biru pada ikon aplikasi. Ketuk ikon lain untuk memilihnya juga, lalu ketuk Hapus di menu di bagian atas.

Anda juga dapat membersihkan aplikasi Akses Cepat yang tidak digunakan di bagian bawah layar dengan menekan lama ikon dan memilih Hapus.

Terakhir, tekan lama ruang kosong di layar Utama. Anda akan melihat layar menyusut dengan batas di sekitarnya. Gesek ke kiri untuk membuka layar kosong yang telah Anda bersihkan dengan menghapus ikon aplikasi. Ketuk ikon tempat sampah di bagian atas untuk menghapus setiap halaman kosong.

Catatan : Sediakan setidaknya tiga halaman kosong. Ini akan menampung semua widget dan aplikasi yang akan Anda tambahkan di langkah selanjutnya. Kebanyakan orang hanya membutuhkan tiga halaman, tetapi Anda mungkin membutuhkan lebih banyak. Anda dapat menambahkannya dengan mengetuk ikon plus di halaman terjauh di sebelah kanan.

Atur Laci Aplikasi Anda Secara Otomatis

Langkah selanjutnya adalah menyingkirkan semua kekacauan kosong di laci aplikasi Anda, sekarang setelah Anda mencopot semua aplikasi yang tidak Anda perlukan.

Untuk melakukannya, ketuk ikon tiga titik di kanan atas layar dan ketuk Bersihkan halaman . Ini akan menghapus semua ruang kosong di seluruh halaman laci aplikasi Anda.

Selanjutnya, ketuk ikon tiga titik lagi dan kali ini ketuk Urutkan, lalu ketuk Urutan abjad.

Sekarang semua ikon aplikasi akan dikemas rapat, dan diurutkan menurut abjad. Ini akan membuat langkah selanjutnya dalam mengatur aplikasi di ponsel Android Anda menjadi lebih mudah.

Atur Aplikasi Ke Dalam Folder

Masih di laci aplikasi, pilih satu aplikasi dan seret ikonnya ke atas ikon untuk aplikasi yang ada dalam kategori serupa. Misalnya, Anda dapat menyeret ikon Twitter ke atas ikon Facebook.

Ini akan membuka halaman pembuatan folder, dengan kedua ikon ditampilkan di kotak bawah. Beri nama folder yang sesuai, lalu ketuk ruang kosong untuk kembali ke laci aplikasi.

Terus ulangi proses ini dengan aplikasi lain. Dan seret ikon tambahan yang sesuai dengan folder mana pun di atas ikon untuk folder itu di laci aplikasi.

Saat Anda mengerjakan aplikasi, Anda akan melihat semua folder terdaftar di bagian atas halaman laci aplikasi pertama. Setelah selesai, Anda seharusnya hanya memiliki folder dan tidak ada lagi ikon aplikasi.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengubah warna folder agar berbeda dari yang lain. Juga, secara psikologis orang belajar apa arti warna dengan cepat. Setelah beberapa saat, Anda bahkan tidak perlu membaca nama folder untuk mengetahui folder mana yang ingin Anda ketuk, untuk informasi lebih lengkapnya di Informasi Berita Tips & Trik Terbaru.

Ini menghemat hanya beberapa detik, tetapi ketika Anda ingin mendapatkan efisiensi, setiap detik penting.

Bangun Kembali Layar Beranda Anda

Sekarang tiba bagian menyenangkan. Anda sekarang dapat mendesain ulang segala sesuatu tentang layar Utama.

Pertama, jika Anda memiliki perangkat Samsung, geser ke layar paling kiri dan tekan lama halaman tersebut. Alihkan sakelar di kanan atas ke nonaktif. Ini adalah area “Samsung Gratis”. Ini adalah agregator konten dan sebagian besar merupakan gangguan.

Anda dapat meninggalkan widget apa pun di layar Utama pertama Anda, karena Anda akan menambahkan lebih banyak untuk membuat layar beranda yang lebih berguna dan efisien.

Tambahkan Widget ke Layar Beranda Anda

Tekan lama ruang kosong di layar Utama dan ketuk Widget. Satu atau dua layar beranda pertama Anda harus didedikasikan untuk aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Widget memungkinkan Anda menampilkan informasi dari aplikasi tersebut tanpa harus membukanya, yang dapat menghemat banyak waktu.

Gulir melalui widget yang tersedia dan pilih yang sering Anda buka. Pilih widget yang berisi informasi yang ingin Anda lihat setiap kali Anda melihat ponsel Anda.

Misalnya, Anda dapat menambahkan widget harian Google Kalender di bawah widget Google Penelusuran.

Anda dapat mengubah ukuran widget sehingga ada cukup ruang untuk widget lain yang Anda inginkan di halaman.

Jika Anda sering menggunakan aplikasi yang harus dilakukan, kemungkinan ada widget untuk itu juga. Tambahkan widget itu untuk melihat daftar tugas harian Anda langsung di layar beranda.

Pertimbangkan hal-hal lain yang ingin Anda lihat sekilas seperti cuaca, berita, dan lainnya.

Pindah ke halaman layar Beranda berikutnya dan terus tambahkan widget tambahan jika Anda mau.

Misalnya, dalam hal ini, kami telah menambahkan:

  • Widget kontrol cepat untuk Spotify
  • Ikon aplikasi pesan untuk membuka pesan langsung dengan cepat dengan orang yang sering saya kirimi SMS
  • Widget Evernote untuk membuat catatan, menyimpan foto, atau membuat rekaman suara dengan cepat
  • Widget Gmail yang memungkinkan saya memindai email terbaru saya

Anda masih dapat membuka aplikasi ini jika diinginkan hanya dengan mengetuk widget itu sendiri.

Tambahkan Folder Aplikasi ke Layar Utama

Terakhir, pada halaman layar Beranda terakhir adalah tempat Anda akan menempatkan folder ikon aplikasi baru. Untuk melakukannya, tekan lama ikon folder di laci aplikasi dan ketuk Tambahkan ke Beranda .

Ini akan membuat ikon di halaman layar Beranda Anda untuk folder itu.

Lanjutkan proses ini untuk setiap folder dengan aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Anda tidak perlu menambahkan semuanya karena Anda selalu dapat kembali ke laci aplikasi untuk membuka aplikasi yang lebih jarang Anda gunakan.

Menempatkan lebih sedikit ikon folder di layar Utama memberi Anda lebih banyak ruang untuk widget yang lebih berguna.

Sekali lagi, mewarnai folder di sini hanya perlu menekan lama pada ikon dan memilih warna latar belakang.

Sekarang, Anda akan melihat bahwa Anda mungkin telah mengurangi jumlah halaman laci aplikasi dan halaman layar Utama secara signifikan.

Itu berarti lebih sedikit menggesek untuk menemukan aplikasi yang sering digunakan. Dan dengan menggunakan widget, Anda bahkan mungkin tidak perlu menggesek sama sekali untuk melihat informasi yang Anda inginkan.

Anda akan terkejut betapa banyak waktu yang dapat dihemat oleh ponsel Android yang terorganisir. Dan dengan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bermain-main dengan ponsel Anda, Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidup Anda.

Leave a Comment