Cara Membuat Lantai Granit dan Marmer Tiruan dari Beton

Cara Membuat Lantai Granit dan Marmer Tiruan dari Beton – Granit merupakan material batu alam yang paling banyak diminati. Alasannya gara-gara granit mempunyai kekuatan dan juga ketahanan yang terlampau baik. Penampilannya pun indah sekali loh. Material ini termasuk dapat dipoles untuk menghaluskan anggota permukaannya agar mengkilap. Karena kesan elegan yang dapat dipancarkannya inilah, granit sering kali digunakan terhadap bangunan-bangunan yang didesain bersama dengan model penuh kemewahan. Dekorasi tempat tinggal mewah selalu memanfaatkan lantai granit atau lantai marmer gara-gara lantai-lantai ini sesungguhnya punyai tampilan yang begitu mewah.

Harga umumnya granit di toko bangunan sesungguhnya tergolong mahal kecuali dibandingkan bersama dengan material bangunan untuk penutup lantai yang lain. Harga granit ini sebelas dua belas bersama dengan marmer. Contohnya produk granit tile buatan brand A dibanderol bersama dengan harga lebih kurang Rp 300-500 ribu/m2, di mana tiap tiap dus hanya memuat lebih kurang 4-9 ubin granit yang berukuran 30 x 30 cm. Kenyataan ini menyebabkan masyarakat terhadap biasanya untuk berpikir sekali kembali kecuali menghendaki Mengenakan granit. Sebab kini sudah tersedia banyak penutup lantai lainnya yang harganya lebih tidak mahal dan kualitasnya boleh diadu Harga Lantai Marmer .

Namun andaikan Anda selalu bersikukuh menghendaki menghadirkan granit di tempat tinggal bersama dengan anggaran yang terbatas, maka kita sarankan buatlah lantai granit tiruan. Kita dapat memanfaatkan lantai beton atau lantai kayu yang dimodifikasi sedemikian rupa agar penampilannya nampak menyerupai lantai granit. Secara teori proses pengerjaannya sesungguhnya terbilang gampang. Tapi terhadap prakteknya Anda perlu ketelitian, keuletan, dan kepekaan yang tinggi dalam merasakan tekstur, dan juga menyaksikan tampilan di bidang kerja apakah sudah menyerupai granit atau belum. Anda harus terlampau cermat.

Bagaimana langkah menyebabkan lantai granit tiruan yang terbuat dari lantai beton atau lantai kayu ini? Silakan Anda dapat mengikuti petunjuk beberapa langkah kerjanya secara lengkap sebagai berikut!

BAHAN-BAHAN :

Lantai beton atau lantai kayu (pilih keliru satu)
Semen atau dempul (disesuaikan bersama dengan lantai)
Epoxy
Cat semprot
Spray gun
Pernis
LANGKAH KERJA :

Pembuatan Lantai Beton/Kayu

Lantai granit tiruan dapat dibuat memanfaatkan lantai beton atau lantai kayu. Dari ke dua tipe lantai ini, kita lebih menganjurkan untuk Mengenakan lantai beton. Mengapa? Sebab karakteristik lantai beton serupa bersama dengan lantai granit. Cuma sesungguhnya motifnya nampak polos. Anda dapat membangun lantai beton bersama dengan mengikuti petunjuk yang pernah kita bagikan sebelumnya. Dibutuhkan pas setidaknya 28-30 hari bagi lantai tersebut agar dapat jadi kering bersama dengan sempurna. Sedangkan untuk lantai kayu, Anda dapat membuatnya dari bahan papan kayu utuh (solid wood) atau tripleks (plywood).

Penutupan Pori-pori Bidang

Langkah berikutnya yaitu menutup atau mengecilkan ukuran pori-pori terhadap bidang kerja agar teksturnya menjadi licin. Anda dapat memanfaatkan sanding dan wood filler untuk menutupi permukaan papan kayu atau multipleks. Diperlukan upaya beberapa kali hingga tekturnya mulai licin. Kalau permukaan kayu ini masih mulai kasar juga, coba Anda menghaluskannya sekali kembali memanfaatkan dempul hingga terlampau licin. Sedangkan untuk menghaluskan permukaan lantai beton, Anda dapat mengacinya Mengenakan semen biasa atapun semen instan. Silakan mengikuti petunjuk pekerjaan pengacian di artikel sebelumnya!

Penerapan Cat Dasar (Epoxy)

Permukaan bidang kerja yang sudah halus ini lantas dicat memanfaatkan cat basic (epoxy) berwarna putih solid. Apabila masih bingung dalam memanfaatkan cat ini, Anda dapat mempelajarinya dari petunjuk yang pernah kita share sebelumnya. Usahakan susunan cat epoxy ini melapisi permukaan lantai bersama dengan ukuran yang memadai tebal agar tekstur aslinya dapat tersamarkan. Pastikan pula permukaan cat tersebut halus, rapi, dan tidak timbul gelembung-gelembung air. Setelah itu, menunggu selama 24 jam agar cat basic tersebut dapat jadi kering bersama dengan sempurna. Anda harus bersabar sebelum saat ke langkah berikutnya.

Pembentukan Motif Granit

Seperti kita ketahui, lantai granit mempunyai motif yang terlampau khas. Apakah itu? Tidak lain yaitu bintik-bintik yang berwarna putih, hitam, abu-abu, kebiru-biruan, atau toska bersama dengan posisi yang tak beraturan. Nah, Anda dapat menggambar motif khas granit ini terhadap permukaan bidang kerja memanfaatkan alat spray gun. Aturlah tekanan hawa di alat spray tersebut di kisaran pada 0,3-0,7 psi. Sesuaikan besar tekanan udaranya bersama dengan ukuran bintik-bintik yang menghendaki dibuat. Lakukan penyemprotan cat berwarna ini secara acak dan hati-hati agar motif bintik-bintiknya selalu terlihat natural. Kerjakan bersama dengan teliti.

Penyempurnaan Hasil Cat

Setelah bidang kerja sudah punyai rupa yang menyerupai granit, kini waktunya untuk jalankan step finishing. Di sini Anda dapat memanfaatkan cairan clear atau pernis spesifik sesuai tipe material bidang kerja, apakah Mengenakan lantai beton atau lantai kayu. Kerjakan pelapisan cairan clear/pernis ini bersama dengan tepat. Anda harus melapisinya secara berulang-ulang hingga terbentuk beberapa lapis clear yang memadai tebal untuk menciptakan dampak licin dan termasuk mengkilap. Setiap pengulangan pelapisan clear ini dilakukan sehabis susunan clear yang pada mulanya sudah jadi kering bersama dengan sempurna. Hasilnya berwujud lantai beton atau lantai kayu yang punyai motif bintik-bintik dan permukaan kinclong layaknya lantai granit.

Leave a Comment