Masalah Intermiten Elektronik

Memecahkan masalah dan memperbaiki masalah solid elektronik seperti tidak ada daya, tidak ada tampilan, warna keluar, dan lain-lain bisa sangat mudah jika Anda tahu cara yang benar untuk melakukannya. Misalnya, penggantian sekering memulihkan peralatan kembali hidup. Ini mudah dan sangat langsung tetapi ada masalah di sirkuit elektronik yang diam-diam dapat “mencuri” waktu berharga Anda jika Anda tidak tahu cara mengatasi masalah secara efisien. Masalah yang saya maksud adalah “masalah intermiten”.

Kata intermiten menurut kamus dot com berarti Kode Error Remote AC bergantian berfungsi dan tidak berfungsi atau bergantian berfungsi dengan baik dan tidak benar. Ambil Monitor misalnya, warna merah mungkin padam dan kembali dengan sendirinya atau ketika Anda mengetuk casing atau penutup Monitor dengan lembut. Itu benar, setiap komponen dan sirkuit elektronik mungkin atau mungkin tidak memiliki kecenderungan untuk terputus-putus dan semuanya tergantung pada desain sirkuit, kualitas komponen, lingkungan, dan faktor lainnya. Dalam beberapa kasus anjing yang sulit (sulit diperbaiki), Monitor dapat bekerja dengan baik selama 8 jam dan kemudian tiba-tiba mati. Saat Anda mematikan Monitor dan kemudian mengaktifkannya ke “On”, Monitor akan kembali bekerja selama beberapa jam sebelum mematikannya. Jika Anda tidak tahu cara yang benar dan mutlak untuk menyelesaikan ini ”

Setiap kali Anda mengetuk papan (ke segala arah) dengan pegangan obeng, layar berhenti melambai! Dengan kata lain, di mana pun Anda mengetuk papan, layar menunjukkan beberapa respons. Anda mungkin bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini “haruskah saya memeriksa sisi primer atau sisi sekunder?” “Haruskah saya menyolder kembali seluruh papan (akan memakan waktu berjam-jam)?” “Haruskah saya mengganti semua komponen yang dicurigai di sirkuit tertentu?” dan pertanyaan bisa terus berlanjut. Jawaban atas pertanyaan Anda tergantung pada bagaimana masalah muncul. Pada artikel ini, saya akan mengungkapkan semua kemungkinan cara yang dapat menyebabkan masalah intermiten dan bagaimana mengatasinya.

Masalah intermiten yang paling jelas adalah ketika Anda menekan papan dengan pegangan obeng; akan ada efek pada peralatan. Ambil Monitor sebagai contoh, jika Anda memperhatikan bahwa warna tampilan berkedip dan mati, hal pertama yang Anda lakukan adalah menuju ke bagian papan CRT. Ketuk papan CRT dengan lembut dengan pegangan obeng; Anda bisa melihat bahwa tampilan sekarang akan kembali normal. Ini adalah masalah mutlak di lokasi tertentu (hanya papan CRT) di mana Anda dapat dengan mudah mendeteksi dan menyelesaikannya dengan menyolder ulang sambungan (terapkan solder baru ke sambungan), masukkan kembali soket papan CRT ke tabung PC dan pasang kembali (cabut dan colokkan beberapa kali) kabel sinyal warna VGA.

Selanjutnya adalah masalah thermal intermiten, dimana suatu komponen bekerja dengan baik ketika dalam keadaan dingin dan masalah muncul ketika berada pada temperatur yang tinggi. Untuk mendeteksi masalah seperti itu, kita perlu menggunakan sedikit panas agar masalah dapat muncul lebih cepat tanpa Anda membuang waktu berjam-jam untuk menunggu hal itu terjadi. Dengan menempatkan bola lampu 100 watt di dekat papan peralatan, sirkuit akan menjadi cukup hangat setelah beberapa menit. Anda juga dapat menggunakan pengering rambut untuk mengarahkan atau memfokuskan pada papan sirkuit. Berhati-hatilah agar sirkuit tidak terlalu panas karena beberapa bahan plastik mudah rusak atau meleleh. Setelah masalah muncul saat panas, kini saatnya Anda menggunakan sekaleng freezer atau spray cooler untuk mendinginkan komponen rangkaian dengan cepat. Tabung semprot disertakan untuk mengontrol aplikasi dengan cermat. Jadi mudah untuk membatasi semprotan ke satu komponen pada satu waktu. Biasanya suhu freezer sirkuit sekitar minus 40 Celcius. Setelah komponen yang rusak atau terputus-putus disemprotkan oleh suhu dingin, itu akan mulai bekerja dengan baik dan masalahnya akan segera hilang. Sebagian besar waktu menggunakan metode ini dapat membantu Anda menemukan komponen yang buruk langsung di tempat.

Kontak yang longgar di dalam relai juga dapat menimbulkan masalah yang terputus-putus. Cukup ketuk relai saat peralatan bekerja untuk melihat apakah ada perubahan. Berhati-hatilah saat Anda mengetuk relai saat daya menyala. Ganti dengan relai baru jika Anda menduga itu adalah penyebab masalah yang terputus-putus. Tahukah Anda bahwa beberapa teknisi memotong relai untuk memperbaiki kontak internal dengan kertas pasir? Anda dapat mencoba metode itu jika Anda mau.

Masalah intermiten tertentu bukan karena komponen yang rusak; sebenarnya papan itu sendiri dan penyolderan atau desain yang menyebabkan masalah. Lihatlah foto-foto di bawah di mana Anda dapat dengan jelas melihat bahwa kabel komponen menyentuh trek lain, kabel komponen menyentuh kabel lainnya, dan beberapa garis rambut retak di trek sirkuit yang disebabkan oleh jatuh atau getaran parah! Garis rambut yang retak dapat dengan mudah dilihat dengan menggunakan kaca pembesar yang menyala.

Beberapa papan memiliki preset kecil dan resistor variabel (VR) di atasnya sehingga mungkin perlu untuk memperbaiki komponen tersebut setelah beberapa tahun peralatan dalam pelayanan. Penghapus di dalam resistor variabel dapat menumpuk debu dan menyebabkan intermiten dalam mengontrol suara, tampilan, dan lain-lain. Cukup gunakan sekaleng semprotan dasar minyak Philips dan semprotkan ke resistor variabel dan itu akan berfungsi seperti baru. Namun setelah diservis variable resistor dan tidak ada perbaikan, maka saatnya mengganti dengan VR yang baru. Tolong jangan gunakan pembersih kepala video untuk memperbaiki VR karena akan cepat kering dan intermiten dapat meningkat lagi.

Komponen lain yang perlu Anda perhatikan adalah tombol microswitch. Ini mungkin memeriksa pengujian yang baik dengan multimeter tetapi kerusakan saat peralatan sedang berjalan. Pisahkan semua kemungkinan agar berhasil memperbaiki masalah yang terputus-putus. Jika memungkinkan langsung saja ganti saklar dan siapa tahu masalah intermiten bisa diperbaiki!

Banyak teknisi tidak tahu bahwa selain mengatasi masalah intermiten dari belakang papan, kita juga harus peka bahwa banyak masalah terputus-putus dapat diselesaikan dengan melepas seluruh papan karena Anda bisa melihat dengan jelas semua area dan semua kemungkinan penyebab yang membuat masalah terputus-putus. . Kabel dioda dikorsletingkan ke kabel resistor, kapasitor dikorsleting satu sama lain, badan resistor menyentuh heatsink, resistor korsleting ke badan kapasitor, lem yang membusuk di banyak bagian rangkaian (Anda harus melepasnya), pita warna resistor memudar dan banyak lagi. Pelajari foto-foto di bawah ini dengan cermat dan mulailah menyerap semua informasi yang dapat membantu Anda menemukan masalah yang terputus-putus dengan cepat.

 

 

Leave a Comment