Panduan pemula untuk menggunakan Android

Sekarang, jika Anda telah tinggal di Appleland untuk sementara waktu, Anda mungkin sedikit tidak yakin bagaimana melakukan tugas-tugas paling dasar sekalipun di perangkat baru Anda. Tidak apa-apa. Kita semua pernah ke sana. 

Tapi sebelum kita mulai peringatan. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Android adalah sistem operasi open source. Ini berarti bahwa meskipun Google, penciptanya, merancang apa yang umumnya dikenal sebagai stok Android (ditemukan di ponsel Pixel), produsen dapat membangun OS sesuka mereka. Ini menghasilkan versi Android yang dapat berbeda satu sama lain tergantung pada siapa yang membuat ponsel Anda. 

Jika Anda mencari Informasi Teknologi, beberapa petunjuk di sini tidak berlaku untuk perangkat Anda atau jalurnya berbeda, mungkin inilah alasannya.  

Cara mengambil tangkapan layar di Android (dan cara merekam layar) 

Ini mudah: cukup tekan tombol kunci dan tombol volume bawah secara bersamaan. Saat tangkapan layar sudah siap, Anda akan melihat pratinjau kecil di sudut kiri bawah layar Anda, bersama dengan beberapa opsi. 

Di sebelah kiri, Anda akan melihat tombol Bagikan yang akan mengirim gambar langsung ke aplikasi lain di ponsel Anda, dan di sebelah kanan, Anda akan melihat tombol edit (terlihat seperti pensil) yang memungkinkan Anda memotong dan mencoret-coret pada screencap Anda sesuai keinginan Anda. Anda juga akan melihat opsi untuk Menangkap lebih banyak, yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar yang lebih panjang seperti tanda terima tangkapan layarCVS.

Perangkat Anda akan secara otomatis menyimpan tangkapan layar baru Anda, yang dapat Anda temukan dengan membuka Foto Google, mengetuk Perpustakaan (pojok kanan bawah), dan membuka folder Tangkapan Layar.

Perekaman layar sebenarnya baru di Android yaitu, versi stoknya. Itu memulai debutnya di Android 12 Oktober lalu, tetapi pengguna Samsung dan Xiaomi, misalnya, telah dapat merekam layar mereka selama bertahun-tahun sekarang.  

Apa pun merek perangkat Anda, kemungkinan besar Anda akan menemukan fitur Rekam Layar di menu Pengaturan Cepat buka dengan menggeser tiga jari ke bawah dari atas layar Anda. Jika Anda tidak dapat melihat tombol Rekam Layar pada pandangan pertama, geser menu ke kiri untuk melihat halaman kedua alat, atau ketuk ikon pensil untuk menambahkan tombol yang sesuai. 

Untuk memulai, buka Screen Record dan pilih apakah Anda ingin menyertakan audio (dan sumber audio itu), serta jika Anda ingin video Anda ditampilkan di mana pun Anda menyentuh layar. Setelah selesai mengubah pengaturan Anda, ketuk Mulai. Anda akan melihat hitungan mundur di bagian atas layar Anda, dan perekaman akan dimulai saat mencapai satu. Untuk berhenti, buka menu notifikasi (geser ke bawah dari atas layar), dan ketuk Berhenti pada entri Perekam Layar. Anda akan dapat menemukan video Anda di Google Foto. 

Cara memblokir nomor di Android

Memblokir nomor yang tidak diinginkan di Android sederhana dan cukup mirip dengan melakukannya di iPhone. 

Jika Anda memiliki aplikasi Telepon Google, buka dan gulir daftar nomor terbaru untuk menemukan nomor yang ingin Anda blokir. Setelah Anda memilikinya, ketuk di atasnya, lalu pilih Riwayat dari menu yang munculDi pojok kanan atas layar, ketuk menu tiga titik dan pilih blokir.

Jalur ini mungkin sedikit berbeda jika Anda menggunakan aplikasi pabrikan ponsel Anda. Tetapi jika Anda ingin menggantinya dengan platform Google sendiri, Anda dapat mengunduh aplikasi Telepon dari Play Store kapan saja. 

Cara menghapus aplikasi di Android

Sama seperti yang Anda lakukan di iOS, temukan ikon aplikasi yang ingin Anda hapus mungkin di salah satu layar beranda atau di laci aplikasi. 

Saat Anda menemukannya, tekan lama hingga ponsel Anda bergetar, dan tanpa mengangkat jari Anda pindahkan aplikasi ke segala arah. Anda dapat menarik dan melepas ikon untuk memposisikannya kembali, tetapi jika Anda ingin menghilangkannya, Anda memerlukan salah satu dari dua tombol yang muncul di bagian atas layar saat Anda mulai mengatur ulang. Di sebelah kiri, Anda akan melihat Hapus, yang akan menghapus ikon dari layar beranda, meskipun Anda masih dapat mengakses aplikasi melalui laci aplikasi. Untuk menghapus aplikasi sepenuhnya, ketuk tombol di sebelah kanan: Copot pemasangan.

Jangan khawatir jika Anda melakukan ini secara tidak sengaja sebelum ponsel droid Anda menghapus aplikasi, ia akan menanyakan apakah Anda yakin ingin menghapusnya. Ketuk Ya untuk mengucapkan selamat tinggal yang tepat.   

Cara menyembunyikan aplikasi di Android

Jika Anda ingin licik dengan aplikasi Anda, ketahuilah bahwa tidak ada cara bawaan untuk menyembunyikan aplikasi di Android, tetapi beberapa produsen seperti Samsung dan OnePlus telah menyediakan opsi ini untuk penggunanya.

Jika Anda membeli Pixel, Anda bisa mendapatkan opsi dengan menggunakan peluncur, atau cukup tinggalkan aplikasi yang tidak ingin dilihat siapa pun di laci. Untuk melakukannya, ulangi proses yang dijelaskan untuk menghapus aplikasi, tetapi ketuk Hapus alih-alih menghapus instalan program.

Ingatlah bahwa ini hanya akan menghapus ikon di layar beranda ponsel Anda, dan Anda masih dapat dengan mudah menemukan aplikasi itu lagi dengan menjelajahi laci atau menggunakan bilah pencarian. 

Cara FaceTime di Android

Saya sangat menyesal harus memberitahukannya kepada Anda, tetapi FaceTiming di Android tidak banyak. Hingga baru-baru ini, platform panggilan video hidup dan berkomunikasi hanya dalam ekosistem Apple, tetapi tahun lalu perusahaan memulai debutnya dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke panggilan FaceTime yang ada melalui browser, terlepas dari sistem operasi mereka. 

Ini membuka platform sedikit lebih banyak, tetapi kemampuan untuk melakukan panggilan atau bahkan mengunduh aplikasi masih terbatas hanya untuk pengguna Apple. Ini membuat frustrasi, dan bukan satu-satunya saat keinginan perusahaan untuk menyimpan barang-barang dalam keluarga akan membuat Anda pusing ( kami melihat Anda, iMessage). Tetapi jika Anda ingin berkomunikasi dengan teman pengguna iPhone Anda, ada platform lain yang dapat Anda gunakan.  

Tanggapan Google terhadap FaceTime adalah Duo aplikasi yang mudah digunakan, membangun koneksi yang kuat dan stabil, dan melakukan banyak hal yang dilakukan alat obrolan video Apple, kecuali tidak mengecualikan sistem operasi lain. Jika Anda ingin menggunakan sesuatu yang sudah Anda ketahui, Anda selalu dapat memilih klasik seperti Zoom atau Skype, atau bahkan menggunakan aplikasi perpesanan seperti Messenger dan WhatsApp.  

Leave a Comment